UPACARA MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN RI KE 73 PENGADILAN AGAMA TANJUNGKARANG KELAS IA Website Pengadilan Agama Tanjung Karang
logo mahkamah agung website ramah difable
Proses Berperkara

Artikel

UPACARA MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN RI KE 73 PENGADILAN AGAMA TANJUNGKARANG KELAS IA

Jum’at, 17 Agustus 2018, Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanjungkarang Kelas IA, para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Karyawan dan Karyawati serta Tenga Honorer Pengadilan Agama Tanjungkarang mengikuti upcara memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 73 di Kantor Pengadilan Tinggi Bandar Lampung.

 Upacara dimulai tepat pada pukul 08.00 wib di halaman parkir Kantor Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dengan peserta upacara seluruh Hakim Tinggi dan Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Tanjungkarang. Upacara di Pimpin oleh Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung (Drs. Hi. Endang Ali Ma’sum, S.H., M.H.)

 Kemudian pada pukul 08.33 Wib. sang saka merah putih dikibarkan dengan diiringi lagu Indonesia raya, Petugas Pengibar Bendara Merah Putih (Paskibraka) adalah Pegawai Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

 Berikutnya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung selaku Inspektur Upacara memberikan Tanda Jasa Satya Lancana Karya Satya kepada Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Tanjungkarang sebagai berikut :

  1. Masiran Malkan (Hakim) Tanda Jasa Emas;
  2. Wasyhudi, M.Hum. (Hakim) Tanda Jasa Emas;
  3. Nurkholis (Hakim) Tanda Jasa Perak;
  4. Syukur, Ag., M.H. (Panitera Muda Hukum) Tanda Jasa Dwi Windu;
  5. Deska Pitrah, S.H., M.H. (Panitera Muda Permohonan) Tanda Jasa Dwi Windu;
  6. Mahmilawati, S.H., M.H. (Panitera Pengganti) Tanda Jasa Dwi Windu;
  7. Linda Hastuti, S.H., M.H. (Panitera Pengganti) Tanda Jasa Dwi Windu;
  8. Amnia Burmella, S.H., M.H. (Panitera Pengganti) Tanda Jasa Dwi Windu;
  9. Elok Diantina, S.H., M.H. (Panitera Pengganti) Tanda Jasa Dwi Windu;
  10. Astri Kurniawati, S.H., M.H. (Panitera Pengganti) Tanda Jasa Perunggu;
  11. Nursiah, S.H. (Panitera Pengganti) Tanda Jasa Perunggu;
  12. Kitiyah, S.H.I., M.H. (Panitera Pengganti) Tanda Jasa Perunggu;
  13. Haryati, S.H. (Panitera Pengganti) Tanda Jasa Sewindu;
  14. Himbauan, S.H., M.M. (Panitera Pengganti) Tanda Jasa Sewindu;
  15. Mulyati, S.H. (Jurusita) Tanda Jasa Perunggu;
  16. Sri Widaryani, S.H., M.H. (Jurusita Pengganti) Tanda Jasa Perunggu;

 Setelah selesai memberikan Satya Lancana Karya Satya kepada pegawai, Inspektur Upacara menyampaikan amanat yaitu "dalam perjalanan sebagai bangsa yang merdeka, kita menghadapi berbaai tantangan, berbagai cobaan yang menguji persatuan dan kesatuan bangsa kita. Tapi kita wajib bersyukur karena dalam menghadapi ujian tersebut, kita selalu diingatkan oleh para pendiri bangsa bahwa jatuh bangunnya sebuah bangsa sangat tergantung pada bangsa itu sendiri. Apakah bangsa itu mau bersatu ataukah sebaliknya, bangsa itu mudah terpecah belah menunggu kehancuran. Tidak berlebihan pada momentum peringatan hari kemerdekaan tahun ini  Saya mengajak seluruh anak-anak bangsa, baik yang hadir dalam upacara ini ataupun dimana saudara-saudara berada untuk kembali pada semangat persatuan Indonesia, kembali pada semangat kepedulian dan berbagi pada sesama anak bangsa tanpa membeda-bedakan asal usul suku, agama, ataupun golongan".

Dalam amanatnya pun Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung  (Drs. Hi. Endang Ali Ma'sum, S.H., M.H.) menyampaikan pada pembangunan bidang hukum, Mahkamah Agung terus berinovasi, guna meningkatkan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh keadilan dan layanan publik, seperti penerbitan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik. Melalui Perma itu, penyelenggaraan administrasi peradilan diubah dari yang sebelumnya bersifat konvensional memnjadi sistem elektronik melalui aplikasi e-court. Dengan begitu, pencari keadilan memperoleh berbagai kemudahan dan efisiensi yang cukup signifikan, mulai dari biaya pengajuan gugatan, waktu dan lain-lain.

 Upacara Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73 berjalan Khidmat dan Lancara dan ditutup dengan do’a bersama.


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi